Berita Kriminal

Published on February 13th, 2020 | by HUMAS JAKPUS

0

Pelaku Pencurian Rumah Kosong Incar Penghuni Seorang Nenek Tua Usia 96 Tahun

POLRES METRO JAKARTA PUSAT – Empat bandit kelompok Makasar, yang ngaku petugas PLN, ditangkap, saat kembali beraksi di Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. Rabu (12/2/2020).

Keempat bandit ini pada akhir Desember 2019 sempat mengelabui seorang nenek berusia 96 tahun. Dengan berpura-pura sebagai petugas PLN, mereka menjarah harta Ny RBH sebesar Rp 10 juta dan 2000 Ringgit Malaysia.

Keempat pelaku akhirnya ditangkap setelah hampir 2 bulan, berkat wajahnya yang terekam CCTV.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto didampingi Wakapolres AKBP Susatyo Purnomo Condro mengungkapkan, hari Kamis (13/2/2020) digelar rekonstruksi aksi pencurian di rumah Ny RBH di Kampung  Bali 1 RT 05/7 Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Saat ditangkap, dari tangan pelaku grup Pandawa, Makasar, Sulawesi Sekatan yang berinisial JF alias PND (42), SR alias EN (38), RA alias J (46) , dan MS alias DG (57)  disita 3 sepeda motor, 1 unit mobil Honda HRV senjata tajam,  obeng, tang, dan linggis kecil.

Dari hasil rekonstruksi hingga lima kali dilakukan terlihat pelaku sudah profesional saat beraksi.

“Mereka ini bandit profesional berkedok petugas dari PLN dan korbannya selalu wani ta sudah lanjut  selain beraksi di Jakpus juga di Jakbar  dan Jaksel bahkan ke P Sumatera,” tegas Kombes Pol Heru Novianto.

Sementara Kasat Reskrim AKBP Tahan Marpaung, menuturkan kejadian akhir bulan Desember 2019 lalu, dimana ke empat pelaku ini dengan mengendarai tiga sepeda motor bebek mendatangi rumah yang dihuni nenek renta Ny RBH, 96, saat itu seorang diri di rumah sedang anak dan cucu sedang bepergian.

Empat pelaku yang berlagak petugas masuk dan mengaku petugas dari PLN akan melakukan pemeriksaan instalasi kabel di dalam rumah. Disaat sang nenek lagi asyik ngobrol dengan pelaku  tiba-tiba dua pelaku nyusup masuk ke dalam kamar dan mencongkel lemari mengambil uang Rp 10 juta dan 2000 ringgit Malaysia.

Namun akak itu diketahui Iqbal, 55, salah satu putranya yang datang dan sempat melihat pelaku kabur. Sementara petugas datang kelokasi segera segera mrngecek rekaman  CCTV yang terpasang di lokasi. “Karena ada CCTV hingga pelaku bisa tertangkap,” papar Kapolres Heru Novianto.

Rabu (12/2) sekitar pukul 11:00, polisi berhasil menangkap ke empat pelaku pencurian berkedok petugas PLN di Jalan Gondanhdia, Menteng. Mereka beraksi dengan modus yang sama mengaku dari PLN sedang melaksanakan pemeriksaan indtalasi listrik.

Namun kali ini aksinya  ketangkap warga dan petugas kepolisian yang jaga di Stasiun KA.

“Dari pelaku yang ketangkap itu akhirnya mengaku mereka yang melalukan aksinya di Bulan Desembet lalu yang di Tanah Abang dan kini petugas segera mengamankan tiga sepeda motor fan satu mobil di tempat penginapan di Apartemen di Kemayoran,” cetus Kasat Reskrim Polres Jakpus AKBP Tahan Marpaung.

Share This:


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑